>Manual Reset Printer HP Officejet K7100

>

Manual Reset Printer HP Officejet K7100

Manual Reset Printer HP Officejet K7100

Beberapa hari yang lalu Printer HP Officejet K7100 di kantorku mengalami masalah setelah salah satu atau kedua catridge HP Black (96) dan Color (95) di isi ulang atau diganti catridge baru . Tanda blinking catridge kosong yang diganti terus berkedip / blinking sehingga printer tidak bisa digunakan.. Printer type ini memang agak merepotkan dibanding dengan Printer yang dipakai sebelumnya HP Deskjet 1280.

Cara reset printer yang sama tidak bisa digunakan di printer K7100 tergantung kondisi saat penggantian catridge. Setelah beberapa hari dicoba reset printer kadang berhasil kadang kumat lagi, dicoba lagi cara sama tidak berhasil dan mencoba cara lain dan berhasil, akhirnya aku temukan 3 cara agar tanda catridge kosong tidak berkedip lagi dan printer kembali bisa dipergunakan. Cara tersebut adalah sebagai berikut:

Cara 1:

Jika catridge HP no. 96 dan 95 diisi ulang kemudian catridge dipasang biasanya akan muncul tanda blingking yang menunjukkan tinta kosong. Tanda ini terus berkedip/ blinking sehingga printer tidak bisa digunakan atasi hal ini dengan cara:

  1. Tanpa dimatikan, buka tutup printer dan ambil catridge yang baru saja diisi tsb dan bersihkan pin-pin pada catridge dengan penghapus pensil. Lakukan dengan hati-hati kemudian pasang lagi catridge, kemudian tutup kembali printer.
  2. Jika cara ini tidak berhasil ambil dan masukkan kembali catridge tsb sambil di tekan kedalam dan tutup kembali. Biasanya dengan cara ini tanda blinking berhenti. Jika tetap tidak berhasil coba cara 2.

Cara 2. :

Cara 2 biasa digunakan untuk catridge color no 95 karena catridge Black no.96 jika diganti atau diisi ulang jarang sekali mengalami masalah. Jika ada masalah blingking cukup diatasi dengan cara no.1.Tapi untuk catridge color no.95 cara 1 kadang berhasil kadang tidak oleh karena itu digunakan cara 2 yaitu:

  1. Tutup 1 (satu) pin / atau 1 titik dibagian paling atas sebelah kanan * dengan selotip atau kertas label saat susunan pin catridge terlihat seperti huruf M* bukan W jangan sampai pin-pin lain tertutupi. Pasang kembali catridge dan tutup printer tunggu kurang lebih 30 detik.
  2. Buka tutup printer dan ambil kembali catridge tsb, lepas selotip penutup pin kemudian catridge dipasang kembali.dan tunggu sampai tanda catridge tidak berkedip lagi. Biasanya dengan cara ini sudah berhasil, sehingga tidak perlu mencoba cara 3.

Cara 3 :

Ini cara terakhir.

  1. Cabut semua kabel (USB dan Power) tunggu + 1 menit. Kemudian pasang kembali kabel power (USB jangan dipasang).
  2. Hidupkan printer dengan menekan tombol power. Setelah power ON. Buka tutup printer kemudian cabut kembali kabel power dan biarkan selama + 1.5 menit
  3. Tutup kembali printer dan masukkan kembali kabel power printer.
  4. Lampu indicator akan berkedip dan berpindah bergantian, tunggu sampai tidak ada lagi tanda catridge kosong yang berkedip. Pasang kabel USB. Printer siap digunakan.

Cara 3 adalah cara terakhir dan biasanya berhasil jika cara ini tetap saja tidak berhasil ambil CD bawaan atau downloads driver printer HP Officejet K7100 disini. Uninstall dan install kembali driver printer. Jika cara ini tetap tidak berhasil TUKAR CATRIDGE SEPERTI SEBELUMNYA.  Jika tetap tidak bisa  hubungi Customer Service printer HP

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s