>Panduan Memilih Monitor

>

Untuk memilih produk Monitor yang tepat, sebaiknya Anda mengetahui parameter yang mendefinisikan perbedaan antar monitor yang ada saat ini. Berikut key fitur yang dapat Anda ketahui untuk memilih monitor.

Panduan Memilih Monitor :

  1. Refresh rate : banyaknya jumlah (frekuensi) sinyal yang dipresentasikan pada monitor setiap detiknya. Efek flicker (kedap-kedip) oleh monitor refresh rate rendah (60 hz) cepat membuat mata lelah. Sebenarnya mata tidak mudah menangkap efek flicker tersebut namun bagi mata yang jeli atau gunakan satu media khusus (kamera digital) maka dengan jelas efek ini terlihat, hingga efeknya pada matalah yang akan kita rasakan. Pilihlah monitor dengan fitur refesh rate 70 hz atau lebih.
  2. Supported resolution : resolusi yang tinggi akan mendukung kehalusan objek yang ditampilkan. Selain itu juga penggunaan resolusi tinggi memperluas area kerja desktop ataupun games. Idealnya monitor 15” memiliki max resolusi 1280×1024, 17 “ 1600×1200. Anda harus berhati-hati dalam mengkombinasi setting refresh rate tinggi dan resolusi tinggi.
  3. Kelengkapan menu control : menu OSD (on screen display) merupakan satu cara untuk melakukan adjustable setiap setting pada monitor meliputi brightness, contras, color, position, shape dan lainnya.
  4. Fitur power management : dukungan monitor dalam hal efisiensi penggunaan listrik selain diperhatikan konsumsi yang dibutuhkan oleh monitor tersebut.
  5. Jenis tabung : suatu keberuntungan jika anda mendapatkan monitor (apapun mereknya) denga tabung sony trinitron didalamnya. Yang menjadikannya istimewa adalah keakuratan dalam menampilkan warna, contrast dan brigthness yang sangat baik mampu mempresentasikan objek yang kaya warna secara sempurna dan menyejukan mata. Selain itu kerapatan dot pitch kecil mempertajam setiap object yang akan ditampilkan.
  6. Flat display : dengan penggunaan layar flat maka angle view maupun viewble area lebih luas. Efek cembung tidak akan anda temui sehingga menjadi pilihan tepat bagi para designer ataupun gamer.
  7. Jenis LCD: LCD mempunyai mempunyai kelebihan dari tabung yaitu kompak, hemat listrik, stylish, slim dan sejuk dimata karena rendah radiasi, namun keakuratan warna kurang terjamin bagi anda yang berkutat pada dunia multimedia. Anda akan menemui perbedaan print out bahkan perbedaan warna dibanding jenis tabung. Selain itu harga yang masih tinggi menjadikan kendala untuk memilikinya.
  8. Jenis tabung : besar, boros tempat, berat, boros listrik dan tinggi radiasi merupakan kelemahan jenis tabung. Meski demikian jenis ini masih favorit karena harganya yang terjangkau. Bagi para ahli multimedia jenis ini masih bisa diandalkan karena keakuratan warna dan respon time yang lebih baik pada pergerakan gambar.
This entry was posted in Komputer, Monitor, Tips. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s