>Cara dan tips membuat baterai hp awet

>

1. Charge sampai penuh baterai
Kadang2 suka tanpa sadar atau mungkin karena buru2 jadi baterainya baru 1/2 di charge udah keburu di cabut. Khusus untuk nokia 5800, tidak usah menunggu sampai baterai kosong karena hp ini menggunakan tipe baterai Lithium yang dapat di charge kapan saja.
Jika anda sering Charge baterai,sebaiknya Handphone dalam keadaan mati.Jika Handphone meyala akan terjadi arus keluar masuk secara bergantian yang akan mengakibatkan rusak molekul pada baterai.Ini juga akan mengakibatkan terjadinya memori efek pada baterai. Apalagi pada saat kita Charge,l antas Handphone digunakan untuk koneksi, itu akan menambah beban pada proses kimia dalam baterai.
Saat akan mencharge baterai Handphone, sebaiknya Handphone dikeluarkan dari Leather case/sarung Handphone karena pengisian baterai dapat menimbulkan panas yang bisa dapat menyebabkan umur ponsel dan baterainya menurun.
Jangan sering-sering Charging di mobil.Saat mengisi baterai dalam kendaraan,kita menggunakan pemantik api sebagai sambungan.Voltase pada kendaraan sering tidak stabil,sehingga dapat mengakibatkan tidak stabilnya arus listrik masuk kedalam baterai.

2. Gunakan HP dengan Efisien
Kurangi menerima atau menelefon didalam mobil.Karena pada saat itu Handphone berusaha keras mencari sinyal BTS (Base Transceiver Station) terdekat. Ketika kita bergerak manjauh dari BTS maka pada saat itu dia berusaha mencari sinyal pada BTS yang lebih dekat. Aktivitas seperti itulah yang memakan energi baterai lumayan besar.Apalagi kita melakukan koneksi internet dalam kondisi bergerak dengan kecepatan tinggi.

3. Matikan aplikasi yang tidak perlu
Semakin sedikit aplikasi yang berjalan, semakin panjang umur baterai. Selain itu, hal ini juga membuat respon hp menjadi lebih cepat.

4. Kurangi tingkat kecerahan (brightness level) layar

5. Gunakan headphone
Built-in speaker menggunakan baterai lebih banyak dibandingkan jika menggunakan headphone.

6. Hindari penggunaan flash pada kamera jika tidak diperlukan

7. Matikan fitur 3G
Gunakan hanya fitur GSM, karena jika dalam posisi 3G, hp akan selalu mencari sinyal untuk dapat terhubung ke jaringan 3G.

8. Matikan Bluetooth & Wifi jika tidak digunakan.

9. Gunakan Offline Mode jika hp hanya digunakan untuk mendengarkan musik atau menonton video.
Fungsi ini akan mematikan seluruh transmisi radio seperti penerimaan pesan (SMS), telepon, WiFi, & radio.

10. Rawat baterai
Jika umur baterai telah lebih dari enam bulan,sering-seringlah membersihkan pin emas dan konektor baterai dengan cotton bud atau tissue.

This entry was posted in Gadget, HP. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s