>Cara Backup Blog kamu di Blogspot.com

>Beberapa hari yang lalu, salah seorang teman tanpa sengaja menghapus blog yang selama ini dikelolanya. Meskipun sudah tersedia fasilitas untuk konfirmasi hapus blog, tanpa sadar dilewatinya karena sudah yakin. Alhasil, semua tulisan yang telah dibuat dalam beberapa tahun terakhir lenyap tak berbekas. Lalu bagaimana mengembalikannya?

Jika sudah terjadi, memang agak sulit untuk mengembalikan semua artikel yang telah ditulis kembali utuh seperti semula. Seyogyanya perlu dilakukan langkah pencegahan dengan menyimpan semua konten blog ke dalam harddisk atau media penyimpanan lain secara periodik. Apabila sudah terjadi, langkah maksimal yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan bantuan Google.

Ketika Anda mencari situs melalui Google, tersedia fitur Cached atau Tembolok yang menyimpan berbagai situs Anda pada masa lalu. Fitur ini dapat Anda manfaatkan untuk menampilkan beberapa artikel blog yang sempat disimpan oleh Google. Meskipun tidak ada jaminan tampil semuanya, beberapa artikel dapat dikembalikan seperti semula dengan cara copy-paste.

Seringkali karena berbagai sebab, diperlukan pembuatan backup dari artikel dan komentar yang ada di dalam blog. Namun Blogspot tidak menyediakan fasilitas untuk melakukan hal itu.
Jika terjadi suatu hal, koleksi artikel di dalam blog yang jumlahnya sudah cukup banyak akan hilang dengan sia-sia. Padahal artikel blog merupakan aset yang berharga bagi Anda yang memanfaatkannya sebagai media dokumentasi dan sarana untuk mencari penghasilan melalui internet.

Rekomendasi
Terdapat beberapa cara untuk melakukan backup atau pengamanan terhadap artikel dan komentar yang ada di dalam Blogspot. Cara yang pertama adalah dengan menampilkan semua isi artikel di dalam web browser dan menyimpannya ke dalam harddisk.

Sedangkan cara kedua, dengan mengkopi semua artikel dan komentar dari Blogspot ke WordPress.com melalui fasilitas impor dari WordPress.com. Cara ketiga, dengan menggunakan fasilitas Cross-Posting yang disediakan oleh Multiply.com.

Cara keempat yang paling disarankan adalah dengan mengunakan software BloggerBackupSetup yang disediakan secara gratis di CodePlex.com melalui halaman http://www.codeplex.com/bloggerbackup/Release/ProjectReleases.aspx.

Meskipun sedikit lebih rumit, BloggerBackupSetup yang dibuat oleh gduncan411 ini bukan hanya bisa menyimpan semua konten di dalam Blogspot, tetapi juga bisa mengembalikannya ke dalam Blogspot.

Pertama-tama, unduhlah software yang disediakan oleh CodePlex.com dengan menggunakan klik mouse pada file “BloggerBackupSetup.10.9.23.zip”. Selanjutnya, simpanlah ke dalam harddisk dan tunggulah proses unduh dinyatakan selesai. Setelah proses pengunduhan selesai, ekstraklah file zip yang dihasilkan dan jalankan file setup.exe yang ada di dalamnya. Ikutilah proses instalasi sampai selesai agar program dapat segera dijalankan.

Selanjutnya, jalankan program Blogger Backup Utility pada menu dengan nama yang sama. Anda akan diminta untuk mengisikan alamat email yang biasanya digunakan untuk login ke dalam Blogger.com beserta kata sandinya.

Kemudian tekanlah tombol “Login into Blogger and Get Blogs”. Akan tampil daftar blog yang dimiliki oleh user tersebut beserta alamat Feednya dan user ID. Tekanlah tombol OK untuk menutup proses pembuatan daftar blog yang dimiliki oleh setiap user ID.

Proses
Pada tampilan utama software ini, pilihlah blog yang akan diamankan melalui opsi “Available blogs”. Pastikan beberapa opsi berikut ini telah ditentukan: lokasi penyimpanan (Save posts to folder), menimpa backup yang telah ada (Overwrite existing backups), menyimpan komentar (Save comments), format penyimpanan (Save posts as), batas artikel setiap file (Maximum posts per file), jumlah artikel terakhir yang akan di-backup (Get only the most recent), dan batasan tanggal yang akan di-backup (Only new posts since).

Setelah semua opsi ditentukan, tekanlah tombol Backup Posts untuk melakukan pengamanan blog yang telah dipilih sebelumnya. Progress bar di bagian kiri bawah akan tampil untuk memperlihatkan proses yang sedang terjadi.

Setelah proses selesai, akan tampil sejumlah judul artikel yang berhasil diamankan di sisi kanan program. File yang dihasilkan dapat dilihat di dalam subfolder “Blogger Backup” yang terletak di dalam folder My Documents.

Apabila suatu saat diperlukan, Anda dapat memulihkan backup yang dibuat dan menyimpannya ke dalam Blog dengan menggunakan tombol Restore Posts. Selanjutnya pilihlah file yang akan di-restore dan masukkan user ID beserta passwordnya untuk memproses penyimpanan artikel yang telah diaman ke dalam blog. Tekanlah tombol OK untuk memulai proses. Proses penyimpanan ke dalam blog akan tampak pada progress bar yang terletak di kiri bawah program. Jika proses selesai, maka akan muncul status “Done” di sebelah progress bar.

Setelah itu, Anda dapat melihat kembali ke dalam blog. Artikel-artikel yang telah di-backup dan di-restore akan muncul di dalam tampilan blog Anda. Apabila terjadi restore beberapa kali, maka artikel juga akan muncul beberapa kali di dalam blog. Untuk menghilangkan posting yang kembar, Anda dapat menghapusnya melalui menu Edit Posting di dalam akun Blogger. Cukup mudah, bukan? Dengan begitu, tidak perlu ada kekhawatiran lagi apabila terjadi masalah di dalam blog Anda.

LAYOUT
Sedangkan untuk backup Layout Blog anda caranya:
– Masukklah ke Dashboard anda lalu buka tab Layout.
– Disana terdapat sebuah submenu EDIT HTML, klik menu tersebut dan tunggulah sampai loading selesai.
– Setelah halaman tersebut terbuka akan muncul sebuah link ‘DOWNLOAD FULL TEMPLATE’. Klik link tersebut dan sebuah kotak Download akan muncul. Save-lah backup template tadi ke tempat yang aman.

Untuk merestorenya pun gampang :
1. Masuk ke halaman EDIT HTML tadi
2. Pilih file backup anda dengan mengklik tombol BROWSE
3. Tekan Upload dan tunggulah proses restore template

This entry was posted in Back Up, Bloging, Internet, Tips. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s