>Tips Memilih PDA

>Personal Data Asisstant yang lebih dikenal dengan singkatan PDA kini semakin mewabah terutama di antara ekesekutif muda. Fungsinya bukan hanya sekedar mencatat alamat atau mencatat jadwal sehari-hari tetapi sesuai perkembangan zaman, kini PDA memiliki kemampuan permainan /games, pemutar MP3, perekam suara, bahkan kamera.

Tentunya dalam memilih PDA yang tepat perlu diketahui beberapa hal yang harus diperhatikan agar tidak salah pilih.

Sistem Operasi
Saat ini terdapat dua sistem operasi yang sebagian besar dipakai sebagai basis kerja PDA. Yaitu sistem operasi yang berbasiskan Pocket PC dengan cara kerja yang mirip dengan Microsoft Windows. Sehingga memudahkan bagi Anda yang terbiasa menggunakan PC dengan sistem operasi Windows, hanya saja dalam versi mini. Sistem operasi lain yang banyak dipakai yaitu Palm OS, yang dikembangkan sendiri oleh Palm.
Sebelum memilih PDA Anda, kenali terlebih dulu sistem operasi yang ada dengan melihat kebiasaan dalam menggunakan komputer di kantor dan di rumah.

Layar
Layar sebagai jendela aplikasi memegang peran penting. Bila pada awalnya PDA menggunakan layar monokrom, kini PDA mutakhir telah memiliki kemampuan hingga 65.000 warna. Layar berwarna ini untuk mendukung berbagai macam fitur baru pada PDA, seperti games, kamera, hingga pemutar video. Untuk resolusi, semakin banyak pixel yang dimiliki, maka semakin bagus pula gambar yang dihasilkan. Tentunya ini dibarengi dengan makin bertambah mahalnya harga PDA yang akan dimiliki.

Memori
Beberapa PDA menyimpan data dan menjalakankan aplikasi pada RAM yaitu memory built-in yang ada pada produk karena PDA tidak memiliki hard drive. Bila Anda memilih sistem operasi Pocket PC, berarti PDA ini membutuhkan banyak memori sebab aplikasi pada Pocket PC lebih besar dibanding aplikasi yang ada pada sistem operasi Palm. Semakin besar RAM yang ada maka semakin banyak aplikasi yang bisa diinstall. Saat ini PDA baru telah menyediakan paling tidak 16 MB untuk RAM bahkan minimal 32 MB untuk Pocket PC.
Dalam menyimpan data tambahan, masing-masing PDA telah memberikan pilihan yang berbeda seperti flash memory ataupun memory stick.

Upgrade
Dalam memilih PDA harus dipikirkan matang-matang yang menjadi kebutuhan Anda. Sebab pada PDA, penambahan komponen baru tidak dapat dilakukan seperti pada desktop komputer yang dapat dengan mudah memasang atau menambah komponen baru. Tetapi ada cara lain untuk menambah fitur atau fungsi baru yaitu removable memory cards. Fitur ini memungkinkan adanya fitur tambahan seperti MP3 dan kamera digital.

Konektivitas
Era internet dan multimedia yang merambah dunia juga telah menjangkau PDA dengan tersedianya fitur ini. Jaringan nirkabel (wireless networking) yang diterapkan untuk berhubungan dengan dunia maya adalah 802.11b (WiFi-Wireless Fidelity) dan 3G. Fitur ini memudahkan pengguna PDA dalam hal mengirim dan menerima data selama dalam jangkauan transmisi telekomunikasi. Fitur multimedia yang juga semakin diminati adalah pemutar MP3 dan kamera digital yang terpasang pada PDA. Pemutar MP3 digunakan untuk memutar lagu-lagu sementara kamera digital untuk merekam gambar dan memainkan video berdurasi singkat.

This entry was posted in Gadget, PDA. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s