>Cara Mudah Backup Blog

>

Tujuan Backup Blog bukan hanya backup dari resiko hilangnya blog saja, bahkan juga dari resiko perubahan yang tidak diinginkan akibat dari pengelolaan blog atau templat, sebut saja misalnya kita memasukan adsense atau merubah kode2 htmlnya sesuai keinginan kita tapi ada yang salah dalam menulis kode2 tersebut. Tentu hal ini akan membuat blog kita jadi acak2an. Jadi dengan cara diatas hal itu bisa dihindari.

Selain hal diatas banyak cara lain untuk membackup blog kita misalnya secara manual kita bisa membuat content atau artikel secara offline dulu, kemudian simpan di file computer kita atau di flash disk, cd dll.,

Cara lainnya lagi , katanya cukup sederhana yaitu dengan menggunakan bantuan dari software crawler. Software ini menerima URL sebagai starting point proses crawling, kemudian bisa di-configure untuk men-download apa saja.. tapi saya belum coba tuh..

Ok.. saya tak akan bercerita lebih banyak lagi tentang backup membackup ini. Karena cara2 yang lain belum pernah dicoba, jadi saya hanya akan menulis apa yang pernah dilakukan dalam membackup blog ini. sama dengan tulisan2 saya sebelumnya ini “ bukan tutorial “ hanya pengalaman aja . Disamping itu saya punya penyakit yang susah sembuhnya yaitu “Pelupa” , kalau tidak ditulis atau didokumentasikan seperti ini yaaa lupa deh..

Jadi itulah motivasi utama saya menulis adalah sebagai dokumentasi saja. Kalau ada manfaatnya buat temen yang lain, syukur alhamdulillah. Kalaupun tidak saya juga masih bersyukur karena punya dokumen . he he he

Nah..biar judulnya agak keren , jadi pakai Cara Mudah Backup Blog, padahal mungkin ada cara lain yang lebih mudah.. ah sabodo teuing.. hehehe . Pokoknya saya pakai cara backup melalui blog backup online .. biasa cari gratisan lah. Lumayan layanan ini menyediakan space sebesar 5 MB. Rasanya ini lebih dari cukup untuk membackup postingan saya. Tampilan web tersebut adalah seperti ini :

BlogBackupOnline - Sign Up Now

Langkahnya adalah sbb :

  1. Silahkan klik blogbackuponline , sok atuh diklik
  2. Daftarkan identitas kita, setelah itu untuk mengaktifkan account ,biasanya kita mendapat email , ikuti aja petunjuknya.
  3. Kalau sudah aktif login kembali ke webnya atau klik lagi seperti pada no 1. Kemudian pilih “Start Registering Your Blog”. Untuk meregistrasikan alamat blog kita.
  4. Masukkan alamat blog dalam kotak yang disediakan, kemudian klik tombol “Register Blog”.
  5. Tunggu proses backupnya. setelah itu pilih tombol “Start Full Backup”,
  6. Tamat deeh..
    Untuk mengembalikan data kita caranya masuk ke “Dashboard” , lalu klik “Manage” terus pilih menu “Content”. Nah semua data-data kita ada disana.

Demikianlah sobat Cara Mudah Backup Blog .. lumayan kan dari pada data kita hilang.

This entry was posted in Back Up, Bloging, Internet, Tips. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s